Kamis, 31 Oktober 2013

MIKRONESIA, diantara gugusan pulau

Kepulauan yang terdiri atas pulau kecil di Pasifik Barat bisa dibagi dalam tiga kelompok etnis dan geografis, yaitu  Melanesia, Mikronesia, Polinesia.
          Mikronesia adalah wilayah timur Filipina yang terdiri dari Carolin, Gilbert, Mariana dan Kepulauan Marshall ditambah Pulau Nauru dan Wake.Kepulauan Caroline terdiri dari Palau Palau yang independen dan konfederasi  Mikronesia, yaitu Chuuk, Kosrae, Pohnpei dan Yap.
Republik Kiribati meliputi sebagian besar wilayah kepulauan Gilbert, sedangkan Kepulauan Mariana  terbagi antara territorial  AS( Guam) dan Kepulauan Mariana Utara, yang seperti juga Puerto Riko yang merupakan persemakmuran AS, memiliki pemerintahan terbatas di bawah administrasi AS.
             Republik Kepulauan Marshal merupakan negara independen  yang memiliki hubungan kuat dengan Amerika Serikat. Nauru merupakan negara kepulauan independen, yang dulu dikenal dengan nama Pulau  Pleasant, sedangkan Pulau Wake yang mungil merupakan teritori yang sebagian besar wilayahnya digunakan untuk pangkalan udara AS.
            Mikronesia merupakan pertemuan beragam etnis dan bahasa yang  berasal dari sejumlah  suku asli disitu. Wilayah ini juga “dibentuk” oleh kekuatan asing  seperti Inggris , Jerman Jepang, Spanyol dan Amerika Serikat.( sumb.gw. komp 61013 pag 12).


1 komentar:

Sea Turtle - Finding Nemo Squirt Swimming