Selasa, 18 Desember 2012

Persebaran Agama Pada Masa Kolonial

Daerah-daerah Persebaran Agama Kristiani, Islam dan Agama-agama lainnya di Indonesia pada masa Kolonial.
Tujuan kedatangan bangsa Barat ke dunia Timur termasuk ke Indonesia selain untuk mencari kekayaan( Gold),dan kejayaan( Glory), adalah menyiarkan agama Kristen (Gospel).
1.Agama Kristen Katholik di Indonesia.
Agama Katholik pertama kali diperkenalkan di daerah Maluku oleh para pedagang Portugis. Penyebaran agama Katolik dilakukan oleh Misionaris. Usaha misi baru dapat berkembang dengan datangnya Santo Fransiscus Xaverius dari Spanyol pada tahun 1546.
Pada tahun 1570 Agama Katholik sudah tersebar di daerah Ambon, Bacan ,Halmahera, Manado dan sebagainya.
2. Agama Kristen Protestan di Indonesia.
Penyebaran  agama Kristen di Indonesia dimulai setelah kedatangan Bangsa Belanda.Pengenalan agama Kristen Protestan pada mulanya dilakukan oleh para serdadu Belanda (VOC ), yang umumnya tidak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang agama yang dianutnya. Baru pada tahun 1616, ditugaskan seorang pendeta untuk menyebarkannya. Tokoh-tokoh penyebaran agama Kristen Protestan lainnya adalah Sebastian Duncheerts (Ambon), Justus Hernius(Jakarta dan Saparua), Nomensen (Tapanuli). Para penyebar agama Kristen Protestan disebut juga dengan Zending.
3.Perkembangan agama Islam dan agama-agama lainnya.
Persebaran agama Islam di Indonesia berjalan lancar, bahkan didukung oleh raja-raja Islam.Dengan perkembangan agama Islam, agama Hindu dan Budha semakin terdesak.
Agama Islam terus berkembang di daerah- daerah Indonesia hingga masuknya bangsa Barat di Indonesia.
(IPS ke 6 ).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sea Turtle - Finding Nemo Squirt Swimming