Minggu, 22 Desember 2013

DIMANAKAH POLINESIA




Luas daratan Polinesia sekitar 18.000 mil persegi ( 46.620) kebanyakan di Selandia Baru ).
Ribuan pulau tropis disebelah barat Pasifik dapat digolongkan tiga katagori, yaitu Melanesia, Mikronesia ,dan Polinesia. Polinesia adalah kepulauan di Pasifik paling timur yang wilayahnya membentuk segitiga dengan titik-titik kepulauan Hawaii, Seladia Baru dan Easter.
Polinesia terdiri dari ribuan pulau. Sejumlah pulau yang keberadaannya paling signifikan antara lain Kepulauan Cook, Easter, Hawaii, Seandia Baru, Norfolk, Samoa, Rotuma, Polinesia Perancis,Tonga,Tuwalu, Wallis, dan Futuna. Polinesia terdiri atas kepulauan vulkanik yang melintasi  180 juta kilometer persegi lautan. Hawaii, misalnya memiliki gunung-gunung berapi teraktif di dunia.
Perjalanan epik petualang Norwegia tahun 1947, Thor Heyerdahl, pada tahun 1947 menggunakan  Kon-Tiki, rakit buatan tangan dengan bahan baku rotan, adalah untuk membuktikan teorinya bahwa   penduduk Polinesia kemungkinan bermigrasi dari amerika Selatan. Analisa DNA modern, seperti juga bukti-bukti etnografis dan bahasa, menunjukkan, masyarakat Polinesia berasal dari Asia(sb.kps151213geow.tdk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sea Turtle - Finding Nemo Squirt Swimming