Jumat, 13 Desember 2013

KASTEL-KASTEL INSPIRASI DONGENG



Dongeng-dongeng klasik seperti Putri Aurora, Cinderela, Rapuzel atau Putri Salju, identik dengan seting berupa istana dengan atap=atap yang menjulang tnggi. Bahkan kisah Harry Potter karangan JK Rowling pun mengambil seting berupa kastel. Bangunan megah dengan menjulang tinggi  memang menjadi salah satu ciri kastel. Kemegahan-keunikan dan keindahan bangunan kastel menjadi inspirasi  banyak kisah yang terkenang hingga sampai sekarang. Berikut ini diantaranya.

Kastel Neuschwanstein.
Kastel ini berlokasi disebelah barat daya Bavaria, Jerman. Kastel ini menempati lokasi diatas bukit yang cukup terjal dikelilingi pepohonan disekitarnya. semula istana ini difungsikan sebagai lokasi perlindungan dan peristirahatan raja. Kini istana ini terbuka untuk umum dan menyedot jutaan pengunjung setiap tahunnya. bentuk kastel yang megah dan memukau ini menjadi inspirasi banyak dongeng di dunia.

Kastel Burg Eltz.
Satu lagi kastel yang berlokasi di Jerman adalah kastel Burg Eltz. Kastel yang mempunyai desain khas abad pertengahan ini hingga kini masih digunakan sebagai tempat tinggal keturunan keluarga yang pernah mendiami kastel ini sejak sekitar delapan abad yang lalu.

Kastel Praha.
Dalam bahasa Ceko, kastel ini disebut  “Prazsky Hrad “. Kastel ini mempunyai atap yang meruncing pada bagian atasnya . Kastel Praha dinobatkan sebagai benteng terbesar di dunia menurut Guinness Books of  Records. Betapa tidak, kastel ini memiliki panjang  570 meter dan lebar sekitar 130 meter.

Kastel Windsor.

Berlokasi di Berkshire, Inggris, kastel ini merupakan kediaman keluarga Inggris. Bangunan ini sangay megah dengan taman yang cukup luas.Tidak hanya dari luar, bagian dalam kastel ini sangat mewah dan dirancang dengan cita rasa seni yang tinggi.

Kastel Conwy.
Kastel yang dibangun pada abad ke 13 ini dianggap sebagai kastel dengan biaya pembanguna paling mahal pada masanya. Kini kastel yang berlokasi di Inggris ini menjadi ikon Wales Utara.

Palacio da Pena Palace.
Kastel yang terletak di atas bukit dengan dikelilingi hutan ini memang sangat menarik. Palacio da Pena Palace dibangun pada abad ke-15 dan dipugar pada abad ke- 18. Kini kastel yang berlokasi di Portugal ini digunakan sebagai biara.

Kastel Mont Saint Michel.
Lokasinya berada di Pulau  Mont Saint Michel di teluk Saint Malo, sebelah barat laut Perancis. Kastel ini memang dibuat di atas sebuah pulau. Berbeda dengan kastel-kastel lainnya yang bermula  dari tempat tinggal keluarga kerajaan, kastel ini merupakan bangunan biara. Kini kastel Mont  Saint Michel menjadi  salah satu destinasi paling memikat di Perancis .

Kastel Chambord.
Lokasi kastel ini adalah di Perancis.Kastel dengan danau didekatnya ini memang terlihat megah. Di dalamnya terdapat 440 kamar, 365 perapian, dan 84 tangga. sepintas, kastel ini mempunyai kemiripan  dengan istana Versailles, tetapi dalam bentk yang lebih sederhana.

Alhambra.
Berlokasi di Spanyol, bangunan ini sebenarnya merupaka komplek istana sekaligu benteng. Alhambra  merupakan sebuah bangunan  yang lekat dengan arsitektur Islam. Ukiran-ukiran unik dan warnanya yang kemerah-merahan membuat kastel ini terlihat unik.

Kastel Hunyad.
Anda tentu  pernah mendengar tentang kisah Dracula . Kastel Hunyad yang dibangun pada abad ke-13 ini dipercaya sebagai kastel yang menjadi lokasi penahanan Vlad III yang dikenal sebagai Vlad Dracula Kastel yang menggunakan  fondasi batuan ini berlokasi di Romania.

Kastel Peles.
Kastel ini juga berlokasi di Romania . Dibangun pada tahun 1873, kastel ini mempunyai desain bangunan yang mengundang decak kagum. Ditambah dengan lanskap Pegunungan Carpathian,Kastel Peles terlihat kian menawan ( sum.kps181113p34MIL).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sea Turtle - Finding Nemo Squirt Swimming