Rabu, 07 November 2012

TERJADINYA MUSIM HUJAN DAN MUSIM KEMARAU DI INDONESIA.

1.Musim Hujan.
 Antara bulan Oktober – Maret (OKMAR), pergeseran tengah tahunan matahari berada di sebelah selatan khatulistiwa ( nol derajat – 23 ½ derajat LS-nol derajat ), sehingga suhu udara di selatan khatulistiwa tinggi dan tekanan udaranya minimum ( - ). Sementara itu, suhu udara di utara khatulistiwa rendah dan tekanan udaranya maksimum ( + ).Akibatnya , bertiup arus angin musim timur laut yang diselatan khatulistiwa membelok menjadi angin musim barat laut. Pada bulan-bulan inilah umumnya dikepulauan Indonesia terjadi musim hujan, seperti juga di Australia Utara. Di Cina dan Jepang bertiup angin barat yang kering.
 2. Musim Kemarau.
 Antara bulan April – September(ASEP ), pergeseran tengah tahunan matahari berada di sebelah di utara khatulistiwa ( nol derajat – 23 ½ derajat LU – nol derajat ), sehingga suhu udara di utara khatulistiwa tinggi dan tekanan udaranya minimum ( - ). Sementara di selatan khatulistiwa, suhu udara rendah dan tekanan udaranya maksimum ( + ). Akibatnya, bertiup angin musim tenggara yang kemudian berubah menjadi angin barat daya setelah menyeberang khatulistiwa. Pada bulan April - September inilah umumnya di Kepulauan Indonesia terjadi musim kemarau, demikian juga di Australia Utara.

5 komentar:

  1. maaf namun blok ini kurang lengkap. dapatkah anda melengkapinya??

    BalasHapus
  2. Data yang ada ini bnar2 valid pa tdk?

    BalasHapus
  3. baguuuusssssss,,,,,, tapi kurang lengkap,, bisa dilngkapi gk . .????

    BalasHapus
  4. thanks udah share info nya
    salam kenalgan terimakasih

    BalasHapus
  5. kalau sekarang mah musim hujan dan kemarau gak bisa ditebak..sekarang pertengahan april aja di tempat saya masih hujan hehehe


    thanks for share gan

    BalasHapus

Sea Turtle - Finding Nemo Squirt Swimming